Kehamilan

    Pengertian Kehamilan Kehamilan adalah suatu keadaan dimana janin dikandung di dalam tubuh wanita, yang sebelumnya diawali dengan prose...



    Pengertian Kehamilan

Kehamilan adalah suatu keadaan dimana janin dikandung di dalam tubuh wanita, yang sebelumnya diawali dengan proses pembuahan dan kemudian akan diakhiri dengan proses persalinan. Kehamilan merupakan suatu keadaan fisiologis, akan tetapi pentingnya diagnosis kehamilan tidak dapat diabaikan.

Kehamilan adalah suatu proses yang dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan dibagi dalam triwulan yaitu :

    Triwulan pertama dimulai dari konsepsi sampai 3 bulan
    Triwulan kedua dari bulan keempat sampai 6 bulan
    Triwulan ketiga dari bulan ketujuh sampai 9 bulan
    Tanda–Tanda Kehamilan

Ada banyak tanda-tanda umum kehamilan. Berikut tanda-tanda kehamilan (Maulana, 2008):

    Terlambat haid atau tidak haid (menstruasi)

Umumnya, berhentinya haid dianggap sebagai tanda awal kehamilan. Hal ini terjadi karena setelah telur dan sperma pada dinding rahim, pembuluh darah didinding rahim yang setiap bulannya runtuh jadi tertahan hingga janin dilahirkan.

    Mual dan muntah

Tanda-tanda ini dikenal dengan morning sickness dan dialami oleh sekitar 50% ibu hamil. Mual dan muntah ini timbul karena terjadinya perubahan berbagai hormon dalam tubuh pada awal kehamilan.

    Sering buang air kecil

Kebiasaan ini muncul pada bulan-bulan pertama kehamilan, ini terjadi karena rahim yang mulai membesar menekan kandung kemih.

    Susah buang air besar

Hormon progesteron membuat kerja usus agak mengendur. Akibatnya sisa kotoran jadi susah keluar.

    Membesarnya payudara

Meningkatnya hormon kehamilan yakni estrogen dan progesteron mempengaruhi kelenjar susu. Puting susu dan aerola juga akan berwarna gelap.

    Melunaknya rahim dan leher rahim

Biasanya, terjadi sekitar usia kehamilan 2-8 minggu

    Rahim dan perut membesar

Umumya, dimulai pada kehamilan 8-12 minggu.

Pada kehamilan terdapat perubahan pada seluruh tubuh wanita, khususnya pada alat genetalia eksterna dan interna, dan pada payudara. Menurut Sarwono Prawirahardjo,  perubahan yang terdapat pada wanita hamil adalah :

    Uterus, akan membesar pada bulan-bulan pertama dibawah pengaruh estrogen dan progesteron yang kadarnya meningkat.
    Serviks Uteri. Serviks uteri pada kehamilan juga mengalami perubahan karena hormon estrogen.
    Vagina dan Vagina dan vulva akibat estrogen mengalami perubahan pula, adanya hipervaskularisasi mengakibatkan vagina dan vulva tampak lebih merah, dan agak kebiru-biruan.
    Pada permulaan kehamilan masih terdapat korpus luteum gravicitatis sampai terbentuknya plasenta pada kira-kira 16 minggu.
    Mamma akan membesar dan tegang akibat hormon somatomammotropin, estrogen, dan progesteron, akan tetapi belum mengeluarkan air susu. Pada kehamilan 12 minggu keatas dari puting susu dapat keluar cairan putih berwarna jernih, disebut kolostrum. Sedangkan kalau sudah partus kolostrum akan berubah warnanya agak kuning.
    Sirkulasi Darah. Sirkulasi darah ibu dalam kehamilan dipengaruhi oleh adanya sirkulasi ke plasenta, uterus yang membesar dengan pembuluh-pembuluh darah yang membesar pula, mamma dan alat lain yang memang berfungsi berlebihan dalam kehamilan.
    Sistem Respirasi. Seorang wanita hamil pada kehamilannya tidak jarang mengeluh tentang rasa sesak dan pendek napas. Hal ini ditemukan pada kehamilan 32 minggu keatas dikarenakan usus-usus tertekan oleh uterus yang membesar kearah diafragma, sehingga diafragma kurang leluasa bergerak.
    Traktus Digestivus. Pada bulan-bulan pertama kehamilan terdapat perasaan enak (nausea), akibat dari kadar hormon estrogen yang meningkat.
    Traktus Urinarius. Pada bulan-bulan pertama kehamilan kandung kencing tertekan oleh uterus yang mulai membesar, sehingga sering timbul kencing.
    Pada kulit terdapat deposit pigmen dan hiperpigmentasi disebabkan oleh pengaruh melanophore stimulating hormone (MSH) yang meningkat.

Metabolisme dalam Kehamilan. Pada wanita hamil basal metabolik rate (BMR) meninggi, sistem endokrin juga meninggi, dan tampak lebih jelas kelenjar gondoknya. BMR akan meningkat hingga 15-20% yang umumnya ditemukan pada triwulan terakhir

COMMENTS

Nama

BAYI,3,MAKALAH,22,Materi,4,PERAWAT,4,TUGAS,6,
ltr
item
Muammar Khadafi: Kehamilan
Kehamilan
Muammar Khadafi
http://nurseammar.blogspot.com/2017/09/kehamilan.html
http://nurseammar.blogspot.com/
http://nurseammar.blogspot.com/
http://nurseammar.blogspot.com/2017/09/kehamilan.html
true
2977093964499099298
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy